Tips Jitu Cara Membuat Website dan Tampil Profesional

Cara Buat Website

 

Ada beberapa hal penting saat bangun website impian perlu user perhatikan. Bagi pemula, mungkin belum tahu bagaimana cara membangun website benar hingga bisa aktif berjalan, dan pastinya menghasilkan benefit berlimpah.

Sejatinya, membangun website tak hanya berguna untuk menyalurkan hobi saja, website yang dikelola dengan baik dan benar juga bisa menjadi ladang pencaharian menjanjikan, terlebih lagi di era digital seperti sekarang.

Sebelum membangun sebuah website, ada beberapa hal penting saat bangun website impian seperti di bawah ini:

Nama Domain Sebagai Persiapan Bangun Website Impian

Hal penting saat bangun website impian pertama adalah menentukan nama domain menjadi identifikasi tujuan dan maksud dari keberadaan website itu sendiri. Usahakan buat nama domain jelas dan terlihat profesional agar bisa meyakinkan pengunjung untuk melakukan interaksi lebih jauh di website tersebut. Tips paling jitu untuk ini, pilih nama domain yang mudah dilafalkan, gampang diingat dan tidak panjang, tampillah dengan profesional.

Berikan impresi singkat dan jelas agar mudah diingat, dan pembuatan nama untuk domain ini dianjurkan memakai nama organisasi, nama pemilik atau bisnis berkaitan dengan konten yang akan dibuat.

Pilih Berbagai Tema Website Menawan

Tampilan menawan menjadi daya tarik dari website untuk menarik pengunjung agar betah menjelajah konten lebih jauh. Faktor UI dan UX menjadi hal penting saat bangun website impian untuk menjadi wajah dari sebuah website secara utuh.

Kemudian, kalian juga perlu, nih menciptakan konten merupakan hal wajib untuk mengamplifikasi maksud dan tujuan dari website tersebut. Konten dibuat sesuai dengan jenis website bisa membantu website menjadi lebih berkembang dan menarik para pengunjung.

Hal penting saat bangun website selanjutnya adalah dengan memaniskan tampilan menggunakan visualisasi agar memberikan kesan profesional untuk mendukung imajinasi pengunjung. Pastikan gambar tersebut memiliki resolusi tinggi agar hasilnya maksimal.

Bagi pemula belum tahu cara membuat website, berikut ini ada beberapa langkah mudah untuk membangun website impian, yaitu:

Menentukan Jenis Website

Langkah pertama cara membuat website adalah tentukan jenis website sebelum mulai membangunnya. Hal ini bertujuan untuk memberi bayangan konsep website seperti apa nantinya. Ini merupakan hal penting karena berpengaruh pada pemilihan paket web hosting, domain dan juga penentuan tema.

Jenis website beragam dan bisa dipakai sesuai kebutuhan, yaitu website toko online, website pribadi atau blog, website portofolio, situs berita, landing page, dan website forum.


Langkah selanjutnya adalah dengan memilih platform website. Ada cara membangun website tanpa perlu ribet memakai coding, yakni dengan memakai platform WordPress.

Platform jenis ini disarankan karena tak perlu menguasai bahasa pemrogaman. Dengan sekali klik instalasi, memasukkan nama, memilih template dan menulis deskripsi website, website tersebut sudah dapat terakses menggunakan internet. Cara menggunakannya sangat mudah dan banyak sekali tutorial tentang itu, baik di YouTube, hingga ribuan artikel dalam berbagai bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

 

Memilih Jenis Hosting Tepat dan Terbaik

Setelah itu, kini waktunya memilih hosting yang tepat untuk website impian. Hosting memiliki peran penting untuk menyimpan data dan membeli nama domain agar website berjalan lancar.

Tanpa hosting, website tak akan berjalan semestinya, oleh karena itu pilihlah layanan hosting terbaik dengan kriteria cocok untuk jenis website. Ada beberapa jenis hosting, yaitu VPS hosting, cloud hosting, dan shared hosting.

Pilih Nama Domain Menarik

Domain sangat penting karena domain merujuk pada alamat website. Domain tak harus berakhir dengan .com, bisa juga memilih ekstensi domain seperti web.id, co.id, .net, .info, .online, .site, .website, dan .xyz. Hindari juga nama domain yang terkesan sebagai link phising.

Instal WordPress di Website

Hal ini bisa dilakukan jika lupa mengaktifkan fitur auto instal WordPress saat membeli hosting. Maka dari itu, lebih mudah membeli hosting yang sudah auto instal WordPress agar tak perlu susah menginstalnya dari awal.

Setelah Wordpress terinstal, lakukan optimasi pengaturan agar website lebih optimal. Untuk pemula, cara login ke dashboard website WordPress bisa dilakukan dengan mudah. Cukup buka www.domainanda.com/wp-admin, lalu masukkan username dan password, maka admin area WordPress pun terbuka.

Pasang Tema Menarik

Tema menarik membuat pengunjung betah melihat konten dalam website. Pastikan memilih tema dengan SEO friendly dan tema original. Jangan gunakan tema dapat membahayakan website.

Optimasi SEO Website

Hal ini berguna agar website bisa muncul pada halaman pertama hasil pencarian Google. Caranya mudah, buat Sitemap, ubah permalink dan instal plugin SEO (Search Engine Optimization) dan lakukan dengan tepat, branding dahsyat dan organik berbasis SEO. Tujuannya agar website baru dapat traffic secara organik, mudah ditemukan di laman utama situs pencari.

Share Website-mu ke Media Sosial

Setelah semua komponen website rapi dan berjalan lancar, hal penting saat bangun website impian selanjutnya adalah dengan membagikan website tersebut ke media sosial. Hal ini merupakan bagian dari internet marketing, promosi di berbagai platform medsos.

Seluruh dunia akan tahu tentang website tersebut, pengunjung dari berbagai belahan bumi pun bisa mengakses website baru ini dan dapat pengunjung. Jangan lupa untuk memasang script atau widget untuk memudahkan pengunjung membagikan halaman website.

Perkuat Keamanan Website

Keamanan website merupakan hal utama, hosting dipakai juga memengaruhi hal ini. Ada beberapa tips keamanan untuk diterapkan, seperti menggunakan password rumit, instal plugin keamanan, ubah URL login dan mengamankan file serta database.

Tips terakhir cara buat website dengan jitu, adalah menginstal Google Analytics (GA) untuk memahami pengunjung website atau blog. Hal ini bermanfaat untuk mengetahui artikel mana yang banyak pembacanya. Dari mana saja sumber traffic, apakah pengunjung organik dari laman pencarian Google, referral atau lewat medsos, Facebook, Twitter, YouTube, WhatsApp, Pinterest, Tumblr, dll.

Beberapa hal penting saat membuat website impian di atas, perlu diperhatikan agar website tersebut memiliki performa baik, online secara profesional dan sukses sesuai keinginan, pastikan juga jangan lemot saat diakases. Jangan asal, dan persiapkan dengan matang termasuk saat memilih hosting, kami merekomendasikan Niagahoster, silahkan kunjungi mereka, klik banner di atas untuk tau lebih jauh.

Previous Post Next Post

News Feed